7.4.08

Seks Pra Nikah: Sebuah Fenomena

Masa remaja merupakan masa peralihan antara masa kanak-kanak menuju alam dewasa yang mandiri. Kadang dapat disebut anak tetapi kadang harus dianggap sebagai orang tua. Masa remaja, oleh karenanya, sesuai dengan perkembangan hormonalnya serta perkembangan psikologinya, merupakan masa transisi, masa pancaroba yang penuh gejolak, lni adalah kenyataan berdasarkan penelitian kedokteran maupun psikologik.

Pada usia remaja, organ tubuh mulai tumbuh dan berfungsi sebagaimana pembentukannya, termasuk organ genetalia. Organ gelletalia sebagai organ reproduksi, mempunyai fungsi sangat penting karena dari fungsi tersebut dapat mempertahankan diri dari kepunahan. Melalui proses reproduksi, kita dapat melihat suatu peristiwa yang sangat mengagumkan mulai dari keadaan umum suami istri, saat pembuahan, masa kehamilan dan dan akhirnya mengalami titik kulminasi berupa persalinan.

Kalau seorang meningkat remaja, dan mereka ada aktivitas sex, itu wajar saja sebab itu merupakan konsekuensi dari perkembangan fisiknya yang memang menurut mereka untuk begitu. Terlepas dari masalah moral, apalagi kaidah agama harus tetap ada untuk mengatur kehidupan manusia. Oleh karenanya, aturan main dalam menjalani aktivitas Sex remaja niemang perlu, dan justru dari sinilah harus dicari titik temu antara dorongan biologic dengan batasan moral. Perlu upaya lebih kuat untuk bisa saling menahan dorongan sexual. Bila sedang berdekatan, kendalikan diri bila timbul keinginana untuk bermestraan lebih jauh.

Hindari menyentuh bagian tubuh yang mudah terangsang seperti: alat kelamin, paha, paha sebelah dalam, bokong, payudara, leher, mulut, karena daerah tersebut mengandung syaraf-syaraf yang sangat peka sehingga jika disentuh dapat mendorong timbunya mafsu sexual dan melemahkan pengendalian diri.

Alasan remaja menunda hubungan sexual sebelum nikah:
· Takut hamil, takut terkena PMS dan HIV/AIDS.
· Harapan keluarga (orang tua dapat mengijinkan HUS)
· Takut pada kekerasan (kemungkinana adanya paksaan dalam melakukan hubungan sexual)
· Pertemanan (memberi waktu lebih banyak untuk saling mengenla)
· Nilai-nilai agama dan takut berdosa (nilai-nilai yang melarang hubungan sexual mebelum menikah)
· Belum siap (terlalu muda atau memang belum siap bertanggung jawab sepenuhnya)
· Tunggu sampai menikah (kurang percaya dengan pacar atau belum menikah dengan pacar)
· Takut kehilangan keperawanan

Cara-cara efektif menunda hubungan seksual sebelum menikah
· Jangan terjebak pada rayuan gombal
· Hindari berpergian dengan orang yang tidak dikenal
· Hindari dating kekamar lawan jenis sendirian tanpa orang lain
· Jangan guankan obat-obatan atau alcohol agar tidak dapat terjebak situasi yang menekan
· Bersikap tegas misalnya tidak bergaya seksi
· Ikuti kegiatan yang positif
· Bersikap terbuka sejak awal hubungan, Katakan kalau kamu tidak inginkan hubungan sex
· Gunakan cara lain untuk menunjukan rasa sayangmu tanpa melakukan hubungan sex
· Mendekatkan diri kepada Tuhan untuk memperbanyak belajar agama.

Kehamilan yang tidak diinginkan pada remaja dapat memicu terjadinya pengguguran kandungan atau aborsi. Secara psikologi pada saat seseorang mengalami kehamilan diluar nikah maka dia akan cenderung mengambil jalam pintas yang terkesan lebih mudah seperti menggugurkan kandungan atau aborsi. Secara medis, aborsi adalah berakhirnya mencapai usia 20b minggu, dimana janin belumdapat hodup diluar kandungan. Tindakan aborsi mengandung resiko yang cukup tinggi apabila dilakukan tidak sesuai standar profesi medis. Misalnya dengan cara
1. Penggunaan ramuan dengan jamu peluntur rahim, memkan nanas muda dicampur lada atau merica.
2. Manipulasi fisik seperti dengan pjatan atau loncat-loncat
3. Menggunakan alat Bantu tradisionil yang tidak steril misalnya daun sirih yang dapat mengakibatkan infeksi pada rahim

Tidak ada komentar:

Bila Jodoh tak Kunjung Datang

Maksud hati memeluk gunung apa daya tangan tak sampai. Garis hidup setiap orang berbada. Sesuatu yang diharapkan kadang hanya tinggal kenangan. Sebaliknya yang tak diharapkan justru datang lebih awal. Jodoh, adalah hal yang cukup pelik bagi sebagian orang. Tapi jangan larut dalam kegalauan, teruslah mencari solusi. www.geloracinta.com bisa jadi solusi untuk Anda. Simak dengan segenap kejujuran.

www.geloracinta.com